Sedikit tentang Generasi X dan Y,Pengaruh serta Perkembanganya


Ternyata selama ini saya kurang begitu menyadari kalo saya adalah salah satu bagian dari generasi muda di era abad 21,yaitu generasi Galau yang biasa disebut dengan generasi Y.Yang merupakan lanjutan dari generasi X yang pengaruh terbesarnya muncul di akhir tahun 90an saat sub kultur musik grunge yang merupakan produk budaya generasi  X mewabah hampir di semua kalangan anak muda pada saat itu.Dan kematian Vokalis Nirvana Kurt Cobain yang tewas karena bunuh diri seakan menjadi klimaks pergerakan Generasi muda yang apatis,depresif serta pemarah  ini.Setelah sebelumnya mereka menemukan kitab sucinya di Album Nirvana – Nevermind yang dirilis sekitar dua puluh tahun yang lalu.
Nevermind sendiri menjadi  simbol semangat pemberontakan  dan revolusi para pemuda pada saat itu.Dan menyelamatkan dunia dari cengkraman Glam Metal dan Michael  Jackson.
Saya masih ingat sekali pada tahun 1995 ketika salah satu abang saya yang sekolah SMA,hampir setiap hari memutar kaset Nirvana hasil copyan tape deck milik kawanya.Demam grunge memang sedang melanda dunia kala itu,tak terkecuali dengan remaja di Indonesia.Saat itu saya baru berumur enam tahun,dan belum tahu apa itu Musik Grunge Nirvana,Pearl Jam,Maupun Alice in Chains.Meskipun belakangan,ketika saya SMP saya baru paham kalo Band-band tersebut merupakan Pelopor Musik grunge yang berasal dari seattle – washington AS.

MIXTAPE INSIDE - VOL.#4



Track Listing

1.    About The Drunker - Yah Beginilah
2.    BALCONY - From theur bangettos
3.    Brilliant at Breakfast - Gundala Putra Petir
4.    Crash Of Rhinos - Closure
5.    God Is An Astronaut - Echoes
6.    Hate Eternal - Bringer Of Storms
7.    Jeruji - Lawan
8.    Karbala Bukan Fatamorgana - Bahtera Jelang Karam
9.    My Bloody Valentine - Loomer
10.    Owen - In The Morning  Before Work
11.    Puppen - Atur Aku
12.    Pure Saturday - Pathetic Waltz
13.    Ride - Vapour Trail
14.    STRAIGHT ANSWER - Bangkit Melawan Atau Tunduk Ditindas
15.    The Promise Ring - All Good Souls
16.    Tumor Ganas - Nasionalisme Vs Perut
17.    Wonder Bra - Dance With The Blues


Mixtape ini saya buat untuk kalian yang masih menikmati dan mencintai musik cutting edge apa adanya,entah itu rock,metal,indie,hardcore dan lain sebagainya tanpa menjadikanya  embel - embel  - sebagai bentuk identitas kelompok atau untuk nama belakang nama Profil facebook  agar  supaya dianggap ngikutin trend atau biar dibilang keren.Bagi saya ini hanyalah sekedar musik,terlepas dari sebuah estetika dan selera musik yang laku dijual/pasaran.Mixtape ini hanya berisikan band - band yang tak cukup terkenal secara mainstream,tapi sangat berpengaruh di komunitasnya masing - masing ( indie,underground ),dan memiliki fanbase yang cukup kuat.

Serenade Akhir Senja ( Sebuah Perpisahan )


Ingin rasanya menyudahi semua urusan yang melelahkan ini,dan berjalan menuju alam utopis yang sering terngiang – ngiang di kepalaku.Kalo aku orang bodoh dan sesat mungkin saja sudah aku akhiri drama kehidupanku di Dunia  fana yang semakin menyebalkan ini.Ah tapi aku malas berdebat dengan keyakinanku sendiri,aku bukan pengecut,bukan laki – laki pecundang yang cuma bisa mengemis  dan meminta belas kasihan orang lain.Apapun yang terjadi memang harus aku hadapi,tak perlu berlarut – larut dalam kesedihan.Ibuku selalu bilang

“Jangan mengeluh atas masalah dalam hidupmu. Tuhan memberikan cobaan yang berat padamu, karena Dia tahu kamu mampu mengatasinya.”

Kata – kata tersebut selalu terngiang – ngiang di kepalaku beberapa hari terakhir ini.Ibuku dulu mungkin pernah mengalami masalah hidup yang lebih berat dibandingkan denganku sekarang.Ah betapa Pecundangnya aku kalo masih saja mengeluh terus sampai detik ini.Masalah Pekerjaan,jodoh dan keberuntungan hidup pasti Tuhan sudah mengaturnya.Tiap masing - masing orang memang diberi kadar yang berbeda – beda.Sudahlah kalo aku Cuma bisa iri hati dengan kebahagiaan orang lain,sama saja aku bukan Orang yang pandai bersyukur.Oh God bunuh saja aku hambamu yang benar – benar tak tahu diri ini.

Tak terasa karena terlalu banyak melamun ternyata waktu sudah menunjukkan jam.5 sore,aku ingat ada janji ketemu Tasya sore ini.Sudah dari kemarin – kemarin aku ingin bertemu denganya untuk segera menyelesaikan masalah kami yang semakin berlarut – larut.Aku sudah capek dengan penyakit jenuhnya itu,dia tak pernah merasa bersyukur menjalin hubungan denganku.Andai dia tak selabil itu,mungkin setelah perpisahan ini dia bakal nyesel.Menyedihkan karena selama ini sedikitpun aku tak pernah berbuat yang aneh – aneh padanya.Yah meski hidupku pas – pasan tapi aku selalu berusaha memberi perhatian penuh untuknya.Kalo aku laki – laki brengsek mungkin sudah aku rusak dia dari dulu lalu memaksa dia memenuhi semua kebutuhan hidupku.

MIX TAPE INSIDE - VOL #2


Track List :
01.Ghaust - Sleep And Release
02.American Football - the summer ends
03.Blur - Song 2
04.Geeksmile - Tuhan-Tuhan Baru
05.Forgotten - Sarapan Laknat
06.Doves - Black and White Town
07.{Tantrum} - De Menejer
08.Funeral Inception - Primitif
09.Speedkill - Parade Kanibal Utopis
10.Death Cab for Cutie - You Are A Tourist
11.Sigur Ross - Heysátan
12.Efek Rumah Kaca - Desember
13.Sarah McLachlan - Gloomy Sunday
14.Linkin Park - My December
15.Navicula - SK PHK
16.The Wannadies - You and Me Always song
17.Deathlock - To Where The Skies Are Blue

MIXTAPE INSIDE - VOL#1

Ini adalah mix tape dari kumpulan lagu - lagu favorit gw beberapa minggu ini :
01.Slayer - Born To Be Wild (Steppenwolf)
02.Nervous Breakdown - Judge Me!
03.Rajasinga - 99THC1Skill
04.Siaran Langsung - Tridharma
05.The Authentics - Untukmu
06.BRNDLS -  Awas Polizei!
07.Everyone Everywhere - Obama house, fukui prefecture
08.Killharmonic - Nothing Has Been Gained
09.Ansaphone - Morning Lights Recover
10.Balcony feat Homicide - They School (Dead Prez Cover)
11.Cave In- Juggernaut
12.Divine Heresy - Anarchaos
13.Sore - No Fruits For Today
14.The Milo - Daun dan Ranting menuju Surga

download here

MILITAN Cerpen oleh : Jojo Suratman



Malam ini untuk pertama kalinya aku ikut razia pekat bersama kawan – kawan pengajian kelompok sorban putih.Sudah dua bulan lamanya aku menunggu kesempatan ini,meluapkan segala  amarahku pada kemaksiatan di kota kelahiranku ini.
”Semua hal yang berbau kemaksiatan harus diberangus sampai habis – hilang hingga sampai ke akar –akarnya”.Itu tadi adalah pesan yang di katakan oleh  Ustad.Makruf tempo hari – saat pengajian malam jumat,di masjid pasanggrahan.
Semenjak keluar penjara 3 bulan yang lalu aku tinggal di kampung pasanggrahan di tempat temanku Zakaria.Dia dulu adalah anak buahku sewaktu kita masih jadi preman di Pasar Gempol .Aku adalah Tukang Palak,hampir semua pedagang di pasar gempol kenal denganku.Hampir tiap hari aku meminta uang keamanan pada mereka – walaupun bisa dibilang tempat berjualan mereka jauh dari kata aman,seperti yang sudah aku janjikan pada mereka.Aku sudah beroperasi di pasar gempol lebih dari tiga tahun,menggantikan pekerjaan Ayahku yang sebelumnya kepala Preman disitu.
Tapi pada suatu ketika di th.2003 aku tersandung kasus pembunuhan yang terjadi di  belakang Kios Koh.Ahong,pada saat itu aku berkelahi dengan seorang jawara dari Pasar Lain yang ingin merebut daerah kekuasaanku di Pasar Gempol.Kami terlibat duel perkelahian yang cukup sengit,hingga akhirnya Jawara itu jatuh tersungkur terkena tusukan  pisau belatiku.

NENEKKU - Wonder Woman


Barusan nenekku sambat ( ngeluh ) sama sepupuku karena piring  serta gelas yang  menumpuk didapur gak ada salah satupun cucunya yang mau nyuciin.Kebetulan hari ini Tanteku yang biasa mengerjakan semua pekerjaan rumah pergi ke Surabaya menghadiri resepsi penikahan saudara iparnya.Sehingga keadaan Rumah nenekku jadi kotor dan berantakan,belum lagi hujan semalam membanjiri lantai dan tempat tidur nenekku.( aku sendiri tidak tinggal serumah dengan nenekku,tapi tinggal di rumah orang tuaku yang tidak jauh dari situ )
Sepupuku yang sedang asik dengan HPnya bukanya menyadari  kekeliruanya,malah membentak – bentak nenekku dengan nada yang keras,sehingga Nenekku jadi kaget – dan seluruh tubuhnya ndredek ( bergetar ).Sungguh pemandangan yang tragis bagi seorang Nenek Yang Sudah Tua yang harusnya banyak istirahat malah jadi pelampiasan kemarahan cucu ataupun anak – anaknya.
***
Baiklah,kali ini gw pengen cerita sedikit tentang seorang Pahlawan Perempuan Idola gw,selain Mami gw yang sama - sama perkasa.Wonder Woman era Baheula yang Alhamdulilah masih diberikan kesehatan,semangat untuk bekerja ( sekarang berkebun – dulu sich petualang sejati waktu muda ),serta ketegaran Hatinya yang luar biasa dalam menghadapai segala masalah kehidupan yang pernah beliau alami.Dia adalah Nenek gw,…sosok wanita tegar,meskipun di usianya yang semakin senja,kulitnya sudah keriput,rambutnya sudah hampir memutih semua.Tapi gurat – gurat kecantikan masih Nampak di wajahnya ( oiya nenek gw keturunan putri solo lho,dari buyutnya yang dulu tinggal di dekat keraton )

SHOEGAZE - Sebuah Perayaan Kesepian




Beberapa hari ini gw lebih sering menyendiri di dalam kamar,hujan hampir tiap sore turun di Sukoharjo.Sehingga gw jadi males keluar dari Rumah, keadaan seperti ini bikin gw jadi galau malahan.aktifitas gw cuma ngepel lantai yang selalu basah gara – gara air hujan yang merembes dari atap rumah yang bocor.
Tiap malem cuma ada suara kodok di sawah,dan tikus – tikus yang bikin suara gaduh di dapur.Ufh,menjenuhkan sekali kawan!!!...sepertinya susah juga merayakan kesepian ini,kalo gak ada media untuk meluapkanya.Satu – satunya cara yang bisa membantu buat mengatasi kegalauan ini,biasanya sebelum tidur gw selalu memutar musik Ambient Shoegaze di komputer,musik yang hanya dipenuhi dengungan dan delay gitar serta iringan piano bernada kesedihan walaupun terkadang juga ada sedikit keceriaan.
Sejenak gw melupakan beban pikiran yang menghinggapi Kepala gw,menyendiri menuju alam imaji yang hanya gw sendiri yang tahu ada dimana.Dalam ruang dimensi yang hanya dipenuhi warna kosmik dan aurora yang menyala – nyala di langit malam yang hening.Musik Shoegaze seolah – olah mewakili sisi kehidupan gw yang hampa bahkan cenderung depressive.Disaat gw merasa kesendirian adalah moment dimana kita bisa berintropeksi diri,dan menemukan sebuah jawaban dari rahasia kehidupan yang tidak kita dapatkan dalam kehidupan nyata.
Kehidupan nyata yang penuh kemunafikan dan kebobrokan,yang membuat diri ini menjadi putus asa.ketika keluarga,teman,ataupun pacar tak cukup bisa membantu – tapi malah cuma bisa menambah beban pikiran saja.Disinilah peran musik shoegaze membantu alam sadar gw jadi lebih rileks,seperti halnya musik terapi yang sering dipakai untuk Yoga.Hanya saja tidak semua orang mungkin  sependapat dengan gw,karena banyaknya orang  awam yang masih beranggapan kalo  shoegaze adalah musik yang negative.

SARDJONO - Cerpen Oleh : Jojo Suratman


Sudah hampir setahun aku tak bertemu denganya lagi,dulu sich biasanya nongkrong di lincak depan rumah Pak.Rt sambil memperbincangkan hal – hal konyol, dan baru sekarang setelah aku pikir –pikir kenapa aku bodoh sekali mau meladeni omonganya.Di era modern seperti ini masih percaya takhayul dan klenik,mulai mencari pusaka di belakang rumahnya dan belajar kekuatan ghaib dari buku yang biasa dijual di kaki limanan,Lebih parahnya lagi percaya pada benda benda mati yang katanya bertuah,termasuk harus rela berdesak – desakan ketika ikut acara kirab Satu Suro,Cuma buat mendapatkan tahi Kebo Kiyai slamet.Yang katanya bisa membawa keberuntungan,tapi ternyata yang aku dapatkan malah omelan ibuku,karena baju belepotan kena tahi lethong kebo.Baunya busuk kemana – mana.
Pernah suatu Malam Dia mengajakku ikut nyanggar,mencari petunjuk nomer togel di makam kiyai.Blorok, dari jam 11 malam hingga shubuh,wangsit yang dia tunggu – tunggu tak muncul juga,sudah badanku habis digigitin nyamuk,pulangnya kehujanan.Sehingga besoknya aku kena demam,dan harus periksa ke puskesmas.Hampir tiga hari aku tak masuk kerja,terkapar di tempat tidurku enggak bisa ngapa – ngapain.
Rasa – rasanya aku mulai tak percaya lagi dengan omonganya,terkahir kali aku mengikuti ajakanya pada saat pengen dapetin ilmu tenaga dalam pada seorang paranormal yang katanya sakti mandraguna di kampung sebelah.Dan aku menurut saja ketika harus memberikanya uang tiga ratus ribu,hasil penjualan Handphone bututku satu – satunya.

Pancaroba songs memories




Pagi ini gak ada kesibukan cukup berarti , sehingga gw hanya main – main komputer di dalam kamar.Perut laper,dan stock rokok ma kopi juga udah habis,maklum seminggu ini ga ada dana mengalir ke kantong gw.Jadi mati kutu gini dech,mau maen juga gak da duit,kalo dirumah terus malah bikin gw tambah stres.Yaudahlah buat lupain pikiran – pikiran konyol gak jelas tadi,gw mau nulis aja tentang cerita gw waktu dulu sempet main band.Yah walau bisa dibilang sebagai band gagal dan payah,tapi nich band dah ngasih gw banyak pengalaman berharga dan kenangan yang sampai sekarang masih nempel aja di otak gw.
Kalian mungkin belum tahu kan kalo ternyata muka bego plus culun kaya gw ini pernah main Musik Metal???he3x…ehm,dulu banget waktu masih sekolah STM gw pernah ngeband ama temen – temen sekolah gw,buat ngisi waktu luang di saat bolos,dan biasanya pas lagi latihan sambil bawa miras buat mabok – mabokkan di dalem ( tapi suwer demi Allah,yang namanya Alkohol tuh gak ada enak - enaknya Man!!! ).Lagu Metal pertama yang bisa gw nyanyiin adalah BENDERA KUNING – BETRAYER ( pasaran banget yah ) dan lumayan lancar merusak tenggorokan gw  mpeg berdarah – darah.
Kegiatan band – bend gak jelas ini berlangsung mpeg gw lulus sekolah,hingga akhirnya th.2006 gw cabut ke Jakarta,buat nyari kerja disana sehingga band gw dikampung akhirnya vakum.Beberapa personel pada pergi ke luar kota ,ada yang di Tanggerang ma di Pekanbaru,sedangkan yang Lain masih tetep di Solo,ada yang daftar jadi Tentara – jadi Dep Collector juga kuliah.Kalo gw sendiri masih luntang – lantung gak jelas di Jakarta.